Kamis, 05 Februari 2009

Bagaimana Supaya Kita Ceria Lagi

Lagi gak enak hati, hubungan sedang ada masalah, gak punya uang, kesehatan menurun, atau lagi bete? Cobalah beberapa strategi di bawah ini untuk meniup bersih semua awan gelap itu dan agar matahari kembali bersinar di kehidupan anda lagi.
  1. Menarilah! Mainkan musik favorit anda, nyalakan keras-keras dan menarilah! Dijamin akan membuat anda merasa enakan. Bila anda tidak bisa menari, jangan biarkan hal itu menghentikan anda untuk bersenang-senang - bernyanyilah keras-keras.
  2. Tersenyumlah! Paksakan diri anda untuk tersenyum walaupun di saat anda sedang tidak ingin tersenyum, sehingga otak anda akan mengira anda memang sedang berbahagia. Anda pasti ingin bahagia, kan? Okay? - pasang senyum lebar anda, saya hitung dari tiga.., dua.., satu... senyum :O).
  3. Luangkan waktu dengan anak-anak. Semangat mereka terhadap kehidupan ternyata menular lho. Rasakan senangnya merasakan kehangatan pelukan atau tangan-tangan kecil mereka yang lucu. Cobalah bersenang-senang dengan mereka melalui hal-hal kecil; memakan es krim, main-main di air, berlarian di tumpukan daun-daun yang gugur, atau mengejar kupu-kupu.
  4. Persembahkan hadiah buat diri anda. Bila ada pekerjaan yang anda tidak sukai, apakah itu membuat laporan, pekerjaan rumah tangga, memperbaiki rumah, etc., jangan ditunda-tunda lagi karena hanya akan menghantui anda. Cepat selesaikan, lalu beri imbalan buat diri anda dengan apa saja yang anda suka, seperti majalah baru, seikat bunga, berendam lama-lama di air aromterapi yang hangat, makan coklat, pergi ke bioskop, atau hanya duduk-duduk di depan TV dengan santai. Apabila pekerjaan tersebut telah kita selesaikan, maka pikiran kita menjadi tenang dan itu adalah bentuk imbalan yang sangat besar.
  5. Singkirkan barang-barang anda yang berserakan. Ilmu Feng Shui kuno percaya bahwa dengan menyingkirkan barang-barang berserakan yang tidak perlu berarti membersihkan rumah atau tempat kerja anda dari energi negatif dan memungkinkan energi positif untuk memasuki seluruh aspek kehidupan anda. Betul atau tidaknya, memang merupakan fakta yang tak bisa dibantah lagi bahwa dengan membersihkan apa yang anda tidak butuhkan atau inginkan lagi membuat hidup menjadi lebih mudah. Rumah anda akan menjadi lebih rapih, lebih lega, dan lebih mudah untuk dibersihkan. Juga dapat muncul perasaan bebas seperti telah melepaskan semua masa lalu dan fokus pada masa depan untuk meraih apa yang anda impikan. Emosi yang tidak perlu malah dapat lebih berbahaya. Kita mungkin telah mengatakan atau melakukan sesuatu yang kita sesali, maka cara menyelesaikannya adalah dengan melakukan apa yang anda bisa lakukan untuk memperbaiki kerusakan yang telah terjadi, dan bila tidak mungkin untuk melakukan itu, maafkan diri anda dan lepaskan emosi tersebut dari kehidupan anda.
  6. Ambil tindakan. Bila ada hal yang membuat anda khawatir, apakah itu masalah kesehatan, hutang, atau perceraian, maka pergilah ke dokter, temui penasihat keuangan, atau pastikan hak-hak perceraian anda dipenuhi. Kenyataan yang terjadi seringkali lebih sederhana daripada hanya duduk diam dan meratapinya saja. Bicarakanlah permasalahan anda dengan seorang sahabat, support group, dll.
  7. Pikiran-pikiran positif. Disaat anda keluar rumah tiap pagi, katakan dengan sungguh-sungguh, "saya akan menjalani hari yang luar biasa, dan akan menemuni banyak hal menyenangkan", daripada berpikir, "Oh, sehari lagi mengalami hari yang menakutkan di kantor." Sikap kita akan menarik vibrasi dan orang-orang yang positif dan menyenangkan ke diri anda.
  8. Tertawalah lebih banyak. Anak-anak tertawa kira-kira 400 kali per hari dan orang dewasa tertawa 20 kali tiap harinya. Kapan kita telah kehilangan selera humor kita? Dapatkanlah kembali. Buat permainan, lihat pertunjukan lawak, bacalah cerita humor, dll.
  9. Lakukanlah hal kreatif. Menjadi kreatif akan membuat anda terhindar dari bersedih hati sepanjang hari. Rubahlah tampilan atau penataan ruangan anda, buat kue, berkebun, menggambar, atau melukis, dll.
  10. Buatlah daftar ucapan syukur. Tulislah selusin hal-hal yang anda syukuri tiap harinya, mulai dari bangun tidur dan melihat wajah anak-anak anda yang manis dan lucu, hingga ke aroma bunga di halaman rumah atau taman. Hal ini akan membuat anda tetap ceria bila dilakukan dengan teratur karena akan memberikan anda suatu pengalaman baru di kehidupan anda.
  11. Temui teman-teman lama anda. Anda akan merasa muda kembali, menjadi lebih positif dan lebih bersemangat, karena dengan bertemu teman-teman lama yang mengetahui anda waktu muda akan membangkitkan semangat muda anda lagi.
  12. Ambil pilihan untuk bergembira. Anda punya pilihan untuk menjalani hari ini, yang tidak mungkin anda akan alami lagi, dengan kondisi gembira atau tidak gembira. Pilihlah untuk menjalaninya dengan perasaan segembira mungkin. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar