Kamis, 09 Oktober 2008

Nostalgia di SMA

 

Barusan saya nerima telepon dari sobat lama nyang udah hampir sembilan belas taon tenggelam nggak ada kabar beritanya. "Woiiii..., selamat Idul Fitri!" katanya dari seberang sana.

 

Kaget juga nerimanya. Maklum udah hampir seumuran anak es-em-a, nggak pernah ada komunikasi. Meski sayup-sayup terdengar, tapi suara sohib satu ini emang akrab banget di kuping.


"Sama-sama, mohon maaf lahir bathin," kata saya ke dia. Sambil buntutnya ada embel-embel, "Kayaknya elo kagak pernah bikin salah deh ama gua,' sambung saya.

 

Dia cuman cekakakan. Memang, setahu saya waktu masih pake seragam putih abu-abu, anak ini hidupnya lurus aja, nggak pernah bermasalah apalagi bikin masalah. Pokoknya klop dah ama apa yang diajarkan orang suci itu. Justru yang banyak berulah malah sayanya. Bayangin, pas lagi ada acara kemping bareng, muncul sifat usil saya 'ngejahilin' nih anak yang nimbun bekel segunung, kayak takut nggak bakal nemuin makanan di tengah kebon karet di ujung Goa Lalai Cileungsi! Makanya wajar kan kalo 'setumpuk' roti nyang dibawanya saya cicipin duluan.. Itu juga 'ngerjainnya' nggak sendirian. Seingat saya, dokter Alexsander Erick  ama perawat Iwan Setiawan juga ikut-ikutan. Nggak tau kalo Ahli Psioterafi  Mr.. Jogi Permadiono, kayaknya kalo dia malah lebih duluan. Yang paling jaim alias nggak pernah mau merugikan orang itu cuma ketua kelas Irwan WK, makanya cocok kalo dipilih jadi ketua kegiatan sekarang, bila perlu kalo emang memungkinkan, angkat aja jadi ketua seumur hidup, niru-niru kayak zaman orla dulu.

 

Balik lagi ke cerita temen kita tadi, kayaknya dia lagi longgar di kantornya yang deketan ama jembatan Semanggi."Anak gua baru satu, umurnya lima taon," katanya pendek. "Anak gua dua, cowok semua. Nyang paling gede umurnya baru tiga tahun setengah," jawab saya.

 

Singkat kata, tumpah dah tuh cerita nostalgia zaman SMA. "Gua tetanggaan ama Pramu Sudita," katanya. "Kemaren sempet ketemu dia lagi nyantai banget, cuma pake celana pendek doang kayak turis Inggris nyang lagi muterin Pasar Cileungsi," katanya.

 

Saya ketawa ngakak, Pramu emang demen tampil beda. Dulu waktu SMA rambutnya paling klimis, kayaknya sering diolesi minyak persis tokoh Ikal yang lagi naksir cewek di film Laskar Pelangi . Tapi belakangan, temen kita malah nyeletuk. "Lucunya emaren Pramu ngeluh, kok yang sekarang banyak rambut putihnya malah dirinya bukan gua," katanya.

 

Sayang, sebelum cerita berlanjut, batere hape saya ngedrop. Tapi saya ngga bakal lupa, kalo yang barusan telepon itu KARNA VIRYANANDA....  

Salam,

Oman

 

 


1 komentar:

  1. he...he..he Om Moderator, si Oman satu ini musti dipancing supaya bicara di blog , secara doi suka nulis nulis di beberapa majalah top ibukota tuch... Gak 19 tahun dech , gwa pernah ke rumah elu deket penjara wanita pagi pagi sepeda an waktu itu elu masih di majalah aneka yes , trus kita muter perumnas 3.. Masih ada tuch Suzuki Jimny nya ???

    BalasHapus